Dalam bahasa Pemprograman Pascal selain mencetak hasil program ke layar kita juga dapat memberikaan masukkan / inputan ke program yang kita buat untuk selanjutnya di proses.
Input berguna untuk membuat aplikasi yang kita buat jadi lebih dinamis, jadi teman - teman tidak lagi harus merubah coding hanya karena ingin mengubah variable nilai yang akan di proses.
Dalam Pascal, ada 2 sytax yang di gunakan untuk mendapatkan input.
ke 2 nya adalah READ dan READLN.
Gimana cara menggunakannya? dan apa bedanya? yuk langsung aja kita bahas bersama-sama :D
Perbedaan dari READ dan READLN adalah READ mengambil input pada baris yang sama sedangkan READLN mengambil input pada baris baru.
Bingung? yuk kita coba langsung praktek aja.
Input Integer / Numerik
Masih inget sama script untuk menghitung luas persegi panjang sebelumnya?
yups, kali ini script nya akan kita modifikasi dengan menambahkan input panjang dan lebar.
Seperti inilah script lengkapnya :
Program.
Hasilnya: contoh saya inputkan Panjang 20 dan Pebar 30Masukkan Panjang : 20
Masukkan Lebar : 30
Luas Persegi Panjangnya adalah : 600
Selanjutnya Contoh input dalam percabangan, kita bosa modifikasi dari script menampilkan Grade nilai di article percabangan IF
program ifKahsus3
Hasilnya : contoh saya masukkan nilai 70Nilai anda adalah B
Contoh input dalam perulangan
program khasus2;
var
baris,sepasi,piramit1,piramit2,jumbaris :integer;
begin
Write('Masukkan Jumlah Baris : ');Read(jumbaris);
for baris :=1 to jumbaris do // for pertama
begin
for sepasi := jumbaris downto baris do // for ke 2
begin
write(' '); // mencetak segitiga spasi
end; // akhir for 2
for piramit1 := 1 to baris do // for 3
begin
write('x'); // mencetak segitiga x 1
end; // akhir for 3
for piramit2 := 2 to baris do // for 4
begin
write('x'); // mencetak segitiga x 2
end; // akhir for 4
writeln; // mencetak baris baru
end; // akhir for pertama
readln;
end.
Hasilnya adalah : contoh saya inputkan jumlah baris 4 x
xxx
xxxxx
xxxxxxx
Done!! gimana? mudah kan? hehe, syntax input ini dapat di implementasikan ke berbagaimacam aplikasi yang kita buat (dinamis/ pengolah tertentu).
EmoticonEmoticon