Selasa, 02 Februari 2016

MATERI MANAJEMEN PEMASARAN

MANAJEMEN PEMASARAN


Pertemuan 1

 Pemasaran 

  • Pemasaran adalah suatu sistem menejerial dan seni pemenuhan kebutuhan atau keingian konsumen akan barang dan jasa mengutamakan pelayanan terbaik dengan tujuan memperoleh laba melalui kepuasan konsumen

Konsep Pemasaran

  • Muncul pertengahan 1950 an
  • Mengganti filosofi “ Buat- Jual “ Menjadi Filosofi “ Fahami – Tanggapi”.
  • Bergeser dari “Berburu” menjadi “ Berkebun”
  • Pekerjaan Pemasaran bukan hanya untuk menemukan pelanggan, tetapi membuat produk yang tepat untuk pelanggan.
  • Lester wunderman :
  • Teriakan Revolusi industri adalah teriakan yang mengatakan, “inilah apa yang saya buat, apakah anda ingin membelinya”
  • Tuntutan jaman informasi adalah pelanggan mengatakan inilah yang saya inginkan, apakah anda bisa membuatnya.



 KERISTALISASI KONSEP PEMASARAN
  • Penuhilah kebutuhan dengan cara yang mendatangkan laba.
  • Temukan keinginan dan penuhilah
  • Cintailah pelanggan bukan produk.
  • Andalah sang bos



KONSEP PEMASARAN

  •  Suatu falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Tiga unsur pokok konsep pemasaran
    1. Orientasi pada konsumen
    2. Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
    3. Kepuasan konsumen.




  
NILAI DAN KEPUASAN

  •  NILAI adalah serangkaian manfaat yang di tawarkan kepada para pelanggan guna memuaskan kebutuhan mereka.
  • Kepuasan adalah suatu kegiatan di mana pelanggan merasa kebutuhan mereka terpenuhi oleh nilai suatu produk ( Philip Kotler : 2004)




Semoga Bermanfaat, Trimakasih.


EmoticonEmoticon